Aug 1

Todat i start my 20 years old. Being 20 doesn’t make me old, but more mature. My wish is my family, parents, sister and brother gonna be a nice and happy family forever. Hope i’ll get a true friend 🙂 😀

Jul 5

kamu seorang akivis? atau pasivis?

dari judulnya saja kita sudah bisa menganalisis adanya perbedaan kegiatan dari seorang mahasiswa aktivis atau yang seorang mahasiswa biasa.

tinggal hitungan hari lagi, ramadhan akan daang. marhaban ya Ramadhan. banyak ucapan, simbol iklan dan lainnya yang menyambut bulan penuh berkah ini. lalu, bagaimana dengan kita? apakah kita sudah mempersiapkan segala hal?

ramadan-2013-1434-banner-940x375

 

bagi seorang aktivis, jadikanlah ramadhan tahun ini lebih bermakna dari tahun kemarin. ramadhannya seorang aktivis itu bukan ramdhan yang sama atau bahkan lebih buruk dari tahun kemarin. bukan ramadhan yang diisi dengan kesian-siaan dengan berdiam diri saja atau ngabuburit dengan duduk manis di depan layar TV sambil menunggu adzan manghrib.

Seorang aktivis harus tahu hikmah ramadhan, yaitu :

1. Disiplin Waktu

2. Pada bulan Ramadhan, dilipat gandakan pahala

3. Dalam bulan ramadhan kita belajar mengenai [eningnya persaudaraan dan silaturahim

4. juga peduli kepada orang yang lemah

pun, ada hikmah ruhiyah puasa:

1. puasa mensucikan jiwa

2. Melatih kesabaran

3. menekan gejolak seksual

4. mengangkat unsur ruhani

 

lalu, bagaimana ramadhan ala aktivis?

1. Ramadhan ala aktivis bukan hanya diisi denan syura’, namun juga diiringi dengan peningkatan jumlah tilawah

2. Malam Ramadhan ala aktivis tidak hanya  disibukkan dengan konsepan acara yang akan diadakan di bulan Ramadhan, namun juga kekhusyukan berkhalwat dengan Rabbnya

3. Siang Ramadhan ala aktivis bukan hanya membicarakan targetan rekrutmen, namun juga uoaya penggalangaan dana

4. ramadhan ala aktivis itu bebas dari menggunjing

5. Ramadhan ala aktivis itu PENUH MAKNA!!

ramadhan lebih bermakna dengan:

– Tekad yang kuat

– Ilmu

– Persiapan amal

 

So, Are You ready for Ramadhan? be Prepared. Bikin targetan kamu selama ramadhan, agar terkondisikan dan bisa mengevaluasi diri apakah sudah lebih baik dari tahun kemarin.

Welcome Ramadhan 🙂

 

 

 

* berdasarkan Kajian Pembekalan pemagang dan pengurus LDK UKDM UPI oleh kang Salman di Alfurqon Universitas Pendidikan Indonesia

Jun 10

Are you ready for UAS?

yak, minggu ini sudah memasuki pekan UAS di UPI. bagi anak-anak UPI, biasanya sebelum UAS ada pekan sunyi. Nah, untuk semester sekarang pekan sunyi berlangsung selama 2 minggu. Wow, lama juga daripada liburan semester ganjil :O

Kalo dipikir-pikir, pekan sunyi itu ada posotif dan negatifnya. Negatifnya, karena kelamaan pekan sunyi, mahasiswa malah gak belajar. Bisa jadi karena udah jenuh dengan rutinitas yang ada kampus selama satu semester. Jadi kalo udah pekan sunyi seperti liburan dan tidur yang panjang. Yang namanya liburan dan tidur panjang, jadinya ga belajar deh. Tapi ya tergantung mahasiswa itu sendiri. Tipe Rajin, tipe pembelajar satu malam, atau tipe pemales dan ga ada niat buat belajar.

Kalo saya sendiri termasuk tipe SKS atau belajar satu malam. Walau awal pekan sunyi udah niatin belajar buat seminggu rutin< Kenyataannya emang aga seperti planning yang udah tertata begitu apiknya. Hmm..disinilah diperlukan reward and punishment. Bhasa arabnya, Tarhib wa Targhib. artinya sama aja. Kadang emang diperlukan ketegasan buat diri sendiri. Bukan bikin peraturan sendiri dan melanggar sendiri. well, that’s not the type of Great student and great human.

lanjut ke sisi positifnya, selama 2 pekan itu kita bisa belajar sungguh-sungguh. bagi yang masih belum memahami pelajaran mata kuliah, nah di waktu pekan sunyi ini lah dimanfaatkan. Tapi yakin pada memanfaatkan sesuai aturannya? hehe 😀

nah, semua tergantung pada diri sendiri dan kembali pada tujuan belajar dan tujuan kuliah saat pertama kali menginjakkan kaki di universitas pendidikan Indonesia ini.

 

Semoga ujian lancar dengan cara yang halal ya. No cheating dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

ich wuensche, meine pruefung hat gute Noten. aamiin

May 23

hello..

saya ikrim.

mahasiswi pendidikan bahasa jerman Universitas Pendidikan Indonesia. sebagai civitas UPI yang baik. saya membuat blog dari hosting UPI. salah satu bentuk eksistensi diri.

termasuk telat bikinnya. but why not?

blog ini akan bercerita atau berisi mengenai saya, seorang mahasiswi pendidikan bahsa jerman dan opini serta berita mengenai Universitas Pendidikan Indonesia

selamat membaca

🙂

May 8

Welcome to Blog Civitas UPI. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!